[SIMPEL] Cara Install Gapps Via CWM atau TWRP “Paling Mudah”

Cara Install Gapps Via CWM atau TWRP “Paling Mudah”

Cara Install Gapps Via CWM atau TWRP – Bagi pengguna Android yang sering melakukan Oprek pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Gapps, Namun tahukah anda Gapps itu apa? jadi pada saat anda melakukan pemasangan Custom ROM dan setelah berhasil melakukan Rooting Ponsel Android anda, namun anda merasa ada yang kurang dari beberapa Aplikasi Default atau bawaan yang di berikan oleh Google di Perangkat Android anda tersebut.

Masalah ini umumnya terjadi ketika anda melakukan Instalasi Custom ROM dimana saat itu juga anda tidak memasukan Inti dari Aplikasi bawaan Google dengan Jenis Flashable zip installernya. Beberapa Custom ROM yang tidak menyertakan Aplikasi bawaan Google di antaranya adalah MIUI, Color OS, Cyanogen ROM based. Sehingga Gapps sangat penting keberadaannya.

Tentu hal ini memiliki solusi yang bisa anda lakukan secara sederhana dalam mengatasi hal ini yakni dengan Download Google Apps “GAPPS” dan Kemudian Flashing di Ponsel Android anda layaknya memasang Custom ROM Via TWRP/CWM, ketika anda telah selesai memasang Custom ROM sehingga anda bisa kembali menikmati layanan Default Google seperti Google Play Store, Google Maps, YouTube, Gmail, Google Docs, Google Voice Search dan Lainnya. Bagaimana, Sangat penting sekali bukan? Mengenai cara Install Gapps Via CWM atau TWRP selengkapnya bisa anda lihat di bawah ini :

Cara Install Gapps Via CWM atau TWRP Dengan Mudah

Persiapan :

  1. Pertama, pastikan bahwa anda sudah memasang CWM atau TWRP recovery di Ponsel Android anda. Jika belum silahkan anda mencari Tutorial pemasangan TWRP atau CWM pada Situs ini dengan mencarinya sesuai dengan Versi atau Model Android anda.
  2. Di sarankan untuk melakukan Backup ROM terlebih dahulu sebelum memasang GAPPS.
  3. Jika anda melakukan Instalasi Custom ROM terbaru, maka anda bisa melekukan Instalasi GAPPS setelah Custom ROM terpasang di Ponsel Android anda.

Langkah-langkah Install Gapps Via CWM atau TWRP

  1. Unduh paket GAPPS terlebih dahulu disini : http://opengapps.org/ sesuai dengan versi OS Android anda, untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan PC.
  2. Jika sudah, Taruh File GAPPS yang sudah anda Download tadi di SdCard tanpa di Ekstrak biarkan dalam Format .zip
  3. Reboot Ponsel Android anda kemudian masuk ke Mode TWRP atau CWM. Bisa dengan menggunakan tombol kombinasi pada HP keadaan mati. namun untuk caranya berbeda-beda, umumnya menggunakan Kombinasi (Tombol Power + Vol Up) untuk Android yang menggunakan Chipset Mediatek, sedangkan untuk Qualcom menggunakan (Tombol Power + Vol Down).
  4. Jika anda sudah berhasil masuk ke Mode Recovery, Pilih Opsi “install Zip from SD Card” kemudian pilih “choose zip from SD card” arahkan dimana anda menyimpan File Gapps .zip yang sebelumnya anda taruh di SdCard.
  5. Maka Proses Instalasi akan berjalan, Silahkan tunggu hingga Finish.
  6. Selesai

Note: Yang harus di Ingat memasanga GAPPS bisa anda lakukan setelah anda berhasil melakukan pemasangan Custom ROM. ketika ROM bisa melakukan Booting ke Home Screen, silahkan anda Reboot dan masuk ke Recovery Mode kemudian ikuti langkah instalasi di atas. Gimana Simpel kan? 🙂

Baca Juga :

[100% WORK] Cara Root Miui 8 Redmi 1s Paling Mudah dan Simpel
[CHEAT AMPUH] Kunci Jawaban Game Duel Otak Agar Menang Terus
[TUTORIAL] Cara Mengatasi Error Saat Flashing Miui Via TWRP Dengan Mudah
[KEREN BGT!!] ROM MIUI 8 MultiROM v6.6.23 Andromax A (A16C3H)

[SIMPEL] Cara Install Gapps Via CWM atau TWRP “Paling Mudah” | admin | 4.5