Cara konfigurasi radius Server di Linux

Cara paling mudah konfigurasi modul pada radius Server di Linux

Fungsi-fungsi tertentu dari FreeRADIUS dijalankan oleh modul. Untuk menggunakan modul tersebut, kita harus mengkonfigurasinya di file konfigurasi FreeRADIUS. file konfigurasi untuk modul tersebut bisa terdapat di file radiusd.conf atau file terpisah yang dimasukkan oleh file radiusd.conf melalui pernyataan $INCLUDE.

Sesuai dengan skenario yang kita inginkan, hanya ada satu modul yang kita butuhkan, yaitu modul ldap, yang tentu saja akan menghubungkan FreeRADIUS ke server LDAP. Konfigurasi untuk modul ldap harus kita sunting agar sesuai dengan konfigurasi LDAP kita. Cari blok yang dinamai ldap di file radiusd.conf, dan sunting blok tersebut sebagai berikut

Cara paling mudah konfigurasi modul pada radius Server di Linux

Sebagian besar direktif di modul ldap merupakan konfigurasi default. Hanya beberapa direktif saja yang perlu disesuaikan nilainya. Direktif yang pertama adalah server. Direktif ini digunakan oleh FreeRADIUS untuk mendefinisikam alamat server LDAP yang akan digunakan, dalam hal ini adalah alamat server LDAP ldap.admin.web.id. Direktif selanjutnya yang harus dirubah adalah basedn.

Direktif ini digunakan untuk mendefinisikan DN dasar dan struktur LDAP yang akan digunakan untuk mencari informasi yang diinginkan. Jika ingin menggunakan koneksi TLS antara FreeRADIUS dengan server LDAP, maka gunakan subseksi TLS. Namun secara default FreeRADIUS tidak menggunakan koneksi TLS, dan untuk keperluan kita, kita tidak akan menggunakan TLS.

Direktif terakhir yang perlu disesuaikan nilainya adalah password_attribute.Direktif ini memberitahukan FreeRADIUS atribut LDAP tempat menyimpan sandi pengguna. Jika Anda ingat, kita menyimpan informasi tersebut pada LDAP pada atribut userPassword (silahkan Anda buka kembali bab LDAP). Klik Disini untuk konfigurasi LDAP

Cara konfigurasi radius Server di Linux | admin | 4.5