Pengertian NTP dan Konfigurasi pada Linux server

Pengertian NTP dan Konfigurasi pada Linux server

Sebelumnya kita membahas cara instalasi dan konfigurasi ssh pada linux, jika anda belum membacanya atau masih belum paham mengenai ssh bisa baca kembali disini, dan kita juga membahas tentang penggunaan scp dan sftp yang memungkinkan antar client dan server tukar data dari jarak jauh dengan menggunakan terminal pada Linux, anda juga bisa membacanya disni kembali.

Artikel yang selanjutnya ini masih dalam seputaran penggunaan tools yang biasa di pakai dalam jaringan Linux atau Server Linux , Oke langsung saja kita ke pokok materinya.

NTP Linux Server

Pada saat sekarang ini pentingnya hubungan yang saling ketergantungan dan keterkaitan satu sama lain antara server yang kita miliki dan kita bangun sendiri, maka akan penting sekali dalam arti untuk pada setiap server yang kita koneksikan tersebut mempunyai time yang sinkron antara server dengan komputer dalam jaringan tertentu. Sinkronisasi waktu ini sangat diperlukan kenapa ? karena untuk mencari korelasi log antar server.
Mungkin saja anda beranggapan hal ini sepele, tapi coba kalau anda bayangkan apabila security sistem Anda berhasil dijebol, maka log yang telah memiliki catatan waktu yang tersyncron akan memudahkan anda melakukan penelusuran . Bukan itu saja, sinkronisasi waktu juga perlu untuk beberapa aplikasi server dan aplikasi pada klien.

Network Time Protokol (NTP)  adalah sebuah protokol yang dipakai untuk melakukan sinkronisasi waktu antar komputer dalam jaringan publik atau local. Sirikronisasi waktu ini sangat akurat ” kok bisa ? ” iya karena sinkronisasi ini terjadi sampai 10 milidetik untuk jaringan internet dan bisa mencapai 200 mikrodetik dalarn jaringan lokal. NTP diatur hingga sedernikian rupa sehingga setiap server NTP terhubung dengan server NTP lainnya dengan jaringan hirarki . biasanya setiap server berada pada level tertentu yang disebut
dengan stratum di jaringan hirarki berjenjang.

Semua jumlah total 15 stratum. Stratum 1 adalah merupakan stratum tertinggi juga merupakan server acuan yang hanya di tunjukan untuk server stratum 2. kemudian Server stratum 2 akan menjadi acuan bagi server stratum 3 ataupun klien dan begitu pada seterusnya sampai stratum yang  paling  rendah yaitu stratum 14.

Server stratum 1 telah terhubung secara langsung dengan stratum 0. Stratum 0 bukan server, tetapi merupakan sebuah peralatan waktu yang sangat presisi seperti jam atom yang terhubung langsung dengan server stratum 1. wow keren ya?

Pada Server Linux, proses yang terjadi dalam sinkronisasi waktu tersebut dilakukan oleh dua aplikasi berbeda yang fungsinya sebagai daemon dan klien. ntpd adalah aplikasi daemon sinkronisasi NTP, kalau ntpdate merupakan aplikasi klien untuk melakukan sinkronisasi NTP. begitulah pengertian NTP dan lanjut dengan tahap Instalasi dan Konfigurasi NTP Server Linux.

Instalasi NTP pada Linux Server

Saya sudah menjelaskan apa itu NTP, setelah kita mengetahui apa itu NTP pastinya adalah cara menginstalnya bagaimana? Nah begini untuk aplikasi daemon, kita butuh aplikasi yang bernama ntpd, cara instalasinya adalah sebagai berikut ini :
Pengertian NTP dan Konfigurasi pada Linux server
Kalau anda hanya menginginkan sinkronisasi waktu sebagai klien, maka anda membutuhkan aplikasi yang bernama ntpdate. Sebenarnya aplikasi ini secara default sudah dimiliki tanpa install lagi dan telah disediakan di banyak distro artinya Anda gak perlu lagi melakukan proses instalasi. Tapi kalau belum ada, Anda perlu melakukan instalasi aplikasi tersebut, berikut cara instalasinya mudah kok.
Pengertian NTP dan Konfigurasi pada Linux server
Gimana mudah kan? cuma sedikit perintahnya, kalau suidah ngerti lanjut dengan Konfigurasinya.

Konfigurasi NTP pada Server Linux

Saatnya kita membuat server NTP pada jaringan lokal untuk melayani waktu, sehingga klien gak perlu menggunakan kuota koneksi internet untuk melakukan pencocokan waktu (walaupun sebenarnya bandwidth yang digunakan untuk NTP gak besar).
Untuk bertanya ke server waktu internet dan melakukan penyesuain waktu  terhadap server NTP di jaringan lokal. Sama seperti halnya file konfigurasi Linux lainnya, lokasi file konfigurasi ntpd terdapat pada /etc/ntp.conf , adalah file konfigurasi yang deskriptif dan dapat digunakan secara langsung, tapi kita
mungkin harus melakukan perubahan sedikit untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda. kesimpulannya pada tahap konfigurasi silahkan anda melakukan konfigurasi seperti pada artikel yang sebelumnya.
Untuk pengaturan NTP yang lebih detail akan kita bahas pada artikel selanjutnya. untuk saat ini gunakan konfigurasi default.
Pengertian NTP dan Konfigurasi pada Linux server | admin | 4.5