Mengenal Fedora Distro turunan RHEL

Mengenal Fedora Distro turunan RHELAda yang udah tau belum Linux Fedora itu apa ? saya akan jelaskan terlebih dahulu sebelum kita masuk ke pada bagian yang lebih jauh tentang Fedora seperti menggunakan Sharing data, Jaringan, Konfigurasi Cluster dll. Fedora merupakan salah satu distro Linux penerus Red Hat Linux yang sudah berjaya selama bertahun-tahun “ lho kenapa kq terusannya bukannya Red Hat lebih bagus? Iya karena RHEL adalah versi enterprise makanya kita harus mengeluarkan biaya, Terus katanya Gratis kenapa bayar ? Karena RHEL itu sifatnya komersil jadi di dukung langsung pengembangnya begitu….. oke lanjut ya….,

Fedora

Dikembangkan oleh komunitas open source. Selama bertahun-tahun “ nah bedanya kalo Fedora itu di kembangkan oleh Komunitas, Nanti kalo yang mengembangkan Komunitas hasilnya gak bagus dong? Belum tentu malah yang dari komunitas lebih cepat perkembangannya dan banyak juga yang jago Programing Linux dan kamu juga bias jadi pengembang lho… heheheh lanjut lagi ya….  Red Hat Linux telah menjadi inspirasi bagi distro lain, seperti:
Mandrake Linux, Corel Linux, Caldera OpenLinux, dan sebagainya. Menurut survey yang pernah dilakukan di Internet, Red Hat Linux selama bertahun-tahun telah menjadi sebuah distro Linux yang paling disukai dan berorientasi pada kemudahan pakai (user friendly). Berikut penampakannya.

Mengenal Fedora Distro turunan RHEL

Jika Anda pernah menggunakan Red Hat Linux maka pastilah akan mudah beradaptasi dengan Fedora. Style dan perintah-perintah yang disediakan oleh Fedora sangat mirip dengan Red Hat Linux. Sehingga pengguna Red Hat dapat beradaptasi dengan cepat ketika beralih ke Fedora.

Website (tuxindonesia.com) ini merupakan penyedia tutorial gratis bagi pembaca yang ingin belajar membangun server menggunakan Fedora. Jika Anda belum pernah menggunakan Linux  atau belum memahami perintah-perintah dasar Linux, sebaiknya pelajari terlebih dulu “ Nah saya salah seting nih… seharusnya dasar dulu ya… tapi gak ngapa-ngapa ini kan Cuma pengenalan dulu nah saya akan membahas sampai tuntas” nah tapi jangan kawatir juga sedikit-sedikit saya kasih tau juga tentang penggunaan perintah pada Fedora “ Sippp kan ? “ . Perintah Linux umumnya mirip dengan perintah-perintah Unix. Sangat dianjurkan sekali sebelum masuk pada bagian  konfigurasi server yang saya akan bahas banyak disini, tentunya juga teman –teman yang mengunjungi web ini telah memahami perintah-perintah dasar Linux. Yang nanti saya akan bahas setelah Artikel ini jadi, slow bakal saya kasih kok… hehehehe, selain Fedora turunan atau penerusnya RHEL banyak juga yang turunannya yang gak kalah ok berikut nama Distronya dan boleh coba juga download

• Red Hat
• Fedora
• Debian
• Slackware
• Corel
• SuSE
• Xandros
• Knoppix
• Ubuntu
• Mandriva

Perintah Linux

Itu sebernya sangat banyak sekali, tapi dalam kenyataanya hanya beberapa saja yang sering digunakan tapi sesuai yang dibutuhkan juga apa salahnya kita juga harus banyak belajar tentang dasar perintah Linux. Tapi  Anda juga tidak perlu menguasai semuanya. Cukup banyak situs yang menyediakan tutorial Linux. Silakan mencari berbagai sumber yang menurut Anda dapat membantu memahami perintah-perintah Linux.  Tapi di web ini saya akan mengembangkan dan menyediakan yang memerlukan banyak Ilmu tentang Linux mulai dari dasar sampai ke tingkat Advance. Oke kan ?
Nah Untuk download fedora Klik download di bawah ini

Mengenal Fedora Distro turunan RHEL | admin | 4.5