Cara shutdown dan restart menggunakan perintah dasar Linux

Sebenarnya semua bisa melakukan restart atau shutdown komputer tanpa harus melakukan teori atau dengan cara yang harus di jelaskan, tetapi ada cara yang paling mudah dan melakukan shutdown komputer dengan cepat tanpa harus menunggu komputer menampilkan pesan yang hingga akhirnya lama sekali untuk menunggunya.

Cara shutdown dan restart menggunakan perintah dasar LinuxTidak ada salahanya jika menggunakan perintah dasar Linux bisa dilakukan lewat terminal tanpa harus juga dengan banyak perintah, sekali lagi saya jelaskan perintah linux itu tidak ada yang sulit hanya butuh sedikit logika dan Pola penggunanya anda dapat menguasainya. Berikut saya akan menjelaskan cara bagaimana melakukan Shutdown dan Reboot komputer Linux lewat terminal.

Shut Down dan Reboot Pada Komputer Linux

Shut down Komputer

Linux sebenarnya menyediakan beberapa cara untuk melakukan shut down komputer secara aman. Proses shut down biasanya hanya dapat dilakukan oleh root. Tampilan prompt shell untuk root berbeda dengan user biasa. Lihat saja contoh yang saya tampilkan prompt shell pada berikut ini.

Cara shutdown dan restart menggunakan perintah dasar Linux

Simbol # ini adalah ciri kalau Anda telah login sebagai root. Ketikkan salah satu perintah berikut ini untuk melakukan shut down komputer. saya memberikan contoh pada Linux Centos tetapi pada dasarnya semua linux tidak berbeda dalam perintah silahkan anda mencoba dengan perintah berikut satu-persatu.

1. Ketikkan perintah
halt

2. Ketikkan perintah
shutdown -h now

3. Ketikkan perintah
init 0

Reboot Komputer

Tidak jauh berbeda dengan cara shut down seperti diatas, reboot atau restart komputer juga harus menggunakan login root. User masih bisa melakukan reboot komputer secara paksa dengan menekan Kombinasi tombol. Coba saja Linux telah diset dengan baik (Ini tugas anda sebagai pengembang Linux), proses reboot komputer seharusnya hanya bisa dilakukan oleh root. Untuk melakukan reboot komputer gunakan perintah sebagai berikut:

1. Ketikan perintah
reboot

2. Ketikan perintah
shutdown -r now

3. Ketikan perintah
init 6

Sebenarnya perintah dasar Linux yang lain masih cukup banyak. Untuk saat ini saya batasi sampai di sini. Agar apa yang telah saya berikan dapat dikuasai dengan baik. Untuk menguasai perintah Linux adalah dengan banyak latihan dan melakukan experimen dengan Option pada setiap perintah Linux yang seperti telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.
Semoga Bermanfaat

Cara shutdown dan restart menggunakan perintah dasar Linux | admin | 4.5